Tuntunan Praktis
Perjalanan Ibadah Haji

Masjid Al-Ijabah

Masjid Al-Ijabah yaitu masjid yang terletak disebelah utara barat laut dari Masjid Nabawi yang dahulunya dikenal dengan nama Manzil Bani Muawwiyah yang sekarang ini terkenal dengan nama Masjid Al-Ijabah disebabkan karena Rasulullah Saw. pada suatu hari lewat di Masjid Bani Muawwiyah dan Mampir shalat dua rakaat dengan do’a yang sangat panjang dan para sahabat ikut shalat bersamanya. Selesai Rasulullah Saw. shalat beliau berbalik kepada sahabatnya dan bersabda:                  

سَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا فَأَعْطَانِي ثِنْتَيْنِ وَمَنَعَنِيْ وَاحِدَةً سَأَلْتُ رَبِّيْ أَنْ لَا يُهْلِكَ أُمَّتِي بِالسَّنَةِ فَأَعْطَانِيْهَا وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يُهْلِكَ أُمَّتِيْ بِالْغَرَقِ فَأَعْطَانِيْهَا وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يَجْعَلَ بَأْسَهُمْ بَيْنَهُمْ فَمَنَعَنِيْهَا

(رواه مُسْلِمٌ)

Saya telah meminta kepada Tuhanku tiga hal, dikabulkan dua dan ditolak satu (yaitu) aku memohon kepada-Nya agar Tuhanku tidak membinasakan umatku dengan bencana musim, maka Tuhanku mengabulkannya, dan aku memintanya untuk tidak menghancurkan umatku dengan bencana tenggelam, maka Tuhanku mengabulkannya, lalu aku memohon kepada Tuhanku untuk tidak terjadi derita karena permusuhan diantara mereka, maka Tuhanku menolaknya.

(HR. Muslim)