Tuntunan Praktis
Perjalanan Ibadah Haji

Masjid Abi Zarr Al Ghifari

Masjid ini dahulunya dikenal dengan nama Masjid al-Bukhair, yaitu masjid yang dulunya terletak di sebuah perkebunan sekitar 650 meter dari Masjid Nabawi. Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Assajadah karena Rasulullah Saw. pernah mampir ke masjid ini dan shalat dua rakaat sedangkan sujud akhirnya panjang sekali sehingga saking panjangnya sahabat mengira dan khawatir Rasulullah Saw. telah meninggal dalam sujudnya. Setelah itu beliau bangkit dan menyelesaikan shalatnya. Selepas shalat sahabat Abdurahman bin 'Auf bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang sujud-Nya yang panjang dan kekhawatiran mereka atas wafatnya Rasulullah Saw. dalam sujud, maka Rasulullah Saw. menjawab: 

                                      

إِنَّ جِبْرِيْلَ بَشَّرَنِيْ أَنَّ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَمَنْ سَلَّمَ عَلَيَّ سَلَّمَ اللهُ عَلَيْهِ

(رواه البيهقي و احمد)

Sesungguhnya jibril menghiburku bahwasanya siapa saja bershalawat kepadaku, Allah Swt. akan bershalawat pula kepadanya dan siapa saja yang memberi salam kepadaku, niscaya Allah Swt. akan memberi salam pula kepadanya.

(HR. Baihaqi dan Imam Ahmad)

Berdasarkan peristiwa tersebut, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Shalawat.