Tuntunan Praktis
Perjalanan Ibadah Haji

DO’A TIBA DI RUMAH/KAMPUNG HALAMAN

Sesampainya dikampung halaman dianjurkan melaksanakan shalat sunnah 2 (dua) rakaat sebagai tanda syukur telah kembali dengan selamat dan disunnahkan shalatnya di masjid yang ada didekat rumahnya.

Setelah selesai shalat 2 (dua) rakaat hendaklah berdo’a:

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَصَرَنِي بِقَضَاءِ نُسُكِيْ وَحَفَظَنِيْ مِنْ وَعَثَاءِ السَّفَرِ حَتَّى أَعُوْدُ إِلَى أَهْلِيْ، اللَّهُمَّ بَارِكْ فِي حَيَاتِي بَعْدَ الحَجِّ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pertolongan kepadaku dengan melaksanakan ibadah haji dan telah menjaga diriku dari kesulitan bepergian sehingga aku dapat kembali lagi kepada keluargaku”. Ya Allah berkatilah dalam hidupku setelah melaksanakan haji dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang shaleh”.

Kemudian berdo'a:

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ لَا إِلهَ إِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. ائِبُوْنَ تَائِبُوْنَ عَابِدُوْنَ سَاجِدُوْنَ لِرَبِّنَا حَامِدُوْنَ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَ حْزَابَ وَحْدَهُ


"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan dan milik-Nya semua pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Semoga kami termasuk orang-orang yang kembali, orang ahli taubat, orang ahli ibadah, ahli sujud dan kepada Allah kami semua memuji. Allah maha menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya dan menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya.

Ketika tiba di rumah dan berkumpul kembali dengan sanak saudara berdo'a:                            

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. وَالْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ لَايَمُوْتُ وَلَايَفُوْتُ أَبَدًا، نَحْمَدُكَ اَللّهُمَّ  بِمَنَاسِكِنَا اَدَاءً، وَبِسُنَّةِ نَبِيِّكَ اِتِّبَاعًا تَوْبًا تَوْبًا تَوْبًا لِرَبِّكَ اَوْبًا لَا يُغَادِرُ حَوْبًا.

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِمَنِ اسْتَغْفَرْنَاهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِنَا وَإِخْوَانِنَا وَجَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ يَاعَزِيْزُ يَاغَفَّارُ بِرَحْمَتَكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji hanya tertuji kepada Allah yang tidak akan pernah mati dan sirna selamanya. (Sesungguhnya) kami bertahmid kepada-Mu Ya Allah dengan ibadah Manasik (haji) kami yang telah kami selesaikan dan dengan Sunnah Nabi-Mu yang telah kami jalani. Kami bertaubat, kami bertaubat, kami bertaubat kepada Allah, kami mengharap taubat yang diterima, kami tidak akan mengulangi dosa-dosa lagi.

Ya Allah ampunilah kami dan orang-orang yang kami mintakan ampunan kepada-Mu dari ahli bait kami, saudara-saudara kami, dan segenap kaum muslimin dan muslimat, wahai Tuhan yang Maha Gagah dan Maha Pengampun dengan memohon rahmat-Mu wahai zat Yang Maha Pengasih.