Tuntunan Praktis
Perjalanan Ibadah Haji

Do'a Wukuf 1

 ١ أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ القَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ. ١ x

 ٢ لَبَّيْكَ اَللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ ، لَا شَرِيكَ لَكَ.

 ٣ اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ. ٣ x

 ٤ لَا إلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ،  يُحْيِي ويُمِيْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. ١ x

 ٥ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ. أَشْهَدُ أَنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، وَأَنَّ اللهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْماً.

  ٦ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، إِنَّ اللهَ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. ٣ x

  ٧ بِسْمِ اللَهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ . اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ.  اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ . ٣ x

  ٨  بِسْمِ اللَهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ. اللَّهُ الصَّمَدُ. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ. وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ .  ١٠٠ x

  ٩  صَلَّى اللهُ وَمَلاَئِكَتَهُ عَلَى النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَعَلَيْهِ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ. ١٠٠ x

   ١٠ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِوَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَجُوْدِكَ الْقَدِيْمِ وَبِاسْمِكَ الأَعْظَمِ أَنْ تُصَلَّيَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ أَنْ تَغْفِرَ لَنَا وَلِوَالِدِيْنَا، وَأَوْلاَدِنَا، وَإِخْوَانِنَا، وَأَقْرِبَائِنَا، وَمَشَايِخِنَا، وَأَصْحَابِنَا، وَأَزْوَاجِنَا، وَأَصْدِقاِئنَا، وَلِمَنْ أَوْصَانَا بِالدُّعَاءِ، وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا، وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا، وَلِمَنْ ظَلَمْنَاهُ أَوْ أَسَأْنَا إِلَيْهِ، وَلِجَمِيْعِ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، وَأَنْ تَرْزُقَنَا وَإِيَّاهُمْ خَيْرَيْ الدٌنْيَا وَالآخِرَةِ، وَأَنْ تَحْفَظَنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ جَمِيْعِ بَلاَءِ الدُنْيَا وَأَهْوَالِ يَوْمِ القِيَامَةِ، وَأَنْ تَرْزُقَنَا العُلُوْمَ النَّافِعَةَ، وَالأَعْمَالَ الصَّالِحَةَ، وَأَنْ تَعْصِمَنَا مِنْ جَمِيْعِ المَعَاصِيْ الظَّاهِرَةِ وَالبَاطِنَةِ، وَأَنْ تُسَهِّلَ لَنَا رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا، وَأَنْ تَكْفِيَنَا شَرَّ الأَشْرَارِ مِنَ الإِنْسِ وَالجِنِّ وَالدَّوَابِ وَغَيْرِهَا، وَأَنْ تَخْتِمَنَا وَإِيَّاهُمْ بِحُسْنِ الخَاتِمَةِ، آمِيْنَ.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .

Aku mohon ampun pada Allah Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan yang mengatur segala makhluk-Nya dan kepada-Nya aku bertaubat. 100x.

Aku datang memenuhi panggilan-Mu wahai Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu tiada sekutu bagi-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat serta kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah. Allah-lah Yang Maha Besar, Allah-lah Yang Maha Besar dan hanya milik Allah segala pujian. 3x.

Tiada Tuhan selain Allah satu-satunya tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah-lah kerajaan dan milik Allah-lah pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Di tangan-Nya segala kebaikan dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. 100x.

Tiada daya (untuk memperoleh manfaat) dan tiada kekuatan (untuk menolak bahaya) kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Agung.

Aku bersaksi sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan sesungguhnya ilmu Allah meliputi segala sesuatu.

Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. 3x.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Raja di hari kemudian. Hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami minta pertolongan.

Tunjukilah kami jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat bukan jalan orang yang Engkau murkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat. Amin 3x.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah, wahai Muhammad. Allah itu Maha Esa. Allah itu tempat meminta. Allah itu tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak satupun yang setara dengan Dia. 100x.

Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi yang ummi serta kepada segenap keluarganya. Semoga shalawat, rahmat dan berkah dari Allah tercurah kepadanya. 100x.

Ya Allah, kami mohon dengan Zat-Mu Yang Maha Mulia dan dengan kemurahan-Mu dan dengan nama-Mu yang Maha Agung, limpahkanlah rahmat-Mu kepada junjungan Kami Muhammad SAW. Ampunilah kami, ayah bunda kami, anak-anak kami, saudara-saudara kami, kaum kerabat kami, guru-guru kami, sahabat-sahabat kami, pasangan kami, teman-teman kami, dan orang-orang yang berpesan untuk dido’akan dan semua orang yang berbuat baik kepada kami, dan yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang pernah kami zalimi ataupun yang pernah kami berbuat jahat kepadanya, semua orang-orang Muslim dan Muslimat yang masih hidup dan yang sudah meninggal. Dan berilah kami rezeki, juga mereka dengan kebaikan dunia dan akhirat, pelihara kami dan mereka dari segala macam malapetaka dunia dan bencana pada hari kiamat. Berilah kami ilmu yang bermanfaat amal perbuatan yang baik, lindungilah kami dari semua perbuatan yang maksiat yang nyata dan tersembunyi, mudahkanlah kepada kami rezeki yang halal yang melimpah, lindungilah kami dari segala kejahatan manusia, jin, serta binatang dan lainnya, dan akhirilah hidup kami dan mereka dengan husnul khatimah. Amin.

Semoga rahmat dan keselamatan tercurah kepada Nabi Muhammad Saw. keluarga dan para sahabatnya.