Tuntunan Praktis
Perjalanan Ibadah Haji

Do’a Ketika di Raudhah

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِأُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ الكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.  وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِيْ وَلِوَالِدَيَّ، وَأَجْدَادِيْ وَجَدَّتِيْ، وَأَقارِبِيْ وَإخْوَانِيْ وَمَشَايِخِيْ، وَلِجَمِيْعِ المُؤمِنِيْنَ وَالمُؤمِنَاتِ، وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ، الأحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأمْوَاتِ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
اللَّهُمَّ إنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ: وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاءُوكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللَّهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللَّهَ تَوَّابًا رَحِيمًا.
 اللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْأَلُكَ أَنْ تُشَفِّعَ فِيَّ نَبِيَّكَ وَرَسُولَكَ مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ، إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ، وَأَنْ تُوْجِبَ ِليَ المَغْفِرَةَ  كَمَا أَوْجَبْتَهَا لِمَنْ جَاءَهُ فِيْ حَيَاتِهِ.
 اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ أَوَّلَ الشَّافِعِيْنَ وَأَنْجَحَ السَّائِلِيْنَ، وَأَكْرَمَ الأَوَّلِيْنَ وَالآخِرِيْنَ بِمَنِّكَ وَكَرَمِكَ يَا أَكْرَمَ الأَكْرَمِيْنَ.
 اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ إيْمَانًا كَامِلاً، وَيَقِيْنًا صَادِقاً، وَلِسَاناً ذَاكِرًا، وَرِزْقاً وَاسِعاً َحَلاَلاً طَيِّباً، وَعَمَلاً صَالِحًا مَقْبُوْلاً وَتِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ.
اللَّهُمَّ اشْرَحْ لَنَا صُدُوْرَنَا وَاسْتُرْ عُيُوْبَنَا، وَاغْفِرْ ذُنُوْبَنَا، وَآمِنْ خَوْفَنَا، وَاخْتِمْ بِالصَّالِحَاتِ أَعْمَالَنَا، وَتَقَبَّلْ زِيَارَتَنَا، وَرُدَّنَا مِنْ غُرْبَتَنَا إِلَى أَهْلِنَا وَأَوْلَادِنَا سَالِمِيْنَ غَانِمِيْنَ غَيْرَ خَزَايَا وَلاَ مَفْتُوْنِيْنَ، وَاجْعَلْنَا مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُوْنَ.
 رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ. رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.


Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memelihara sekalian alam. Pujian yang memadai nikmat-Nya mengimbangi tambahan kenikmatan-Nya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala puji yang layak bagi keagungan Zat-Mu dan kebesaran kekuasaan-Mu Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad Saw, keluarga dan sahabat-sahabatnya semua.

Ya Allah ya Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku, dosa kedua orang tuaku, kakekku, nenekku, dan semua kaum kerabatku, saudara-saudaraku dan guru-guruku, sekalian orang-orang mukmin dan mukminat , juga muslimin dan muslimat baik yang hidup maupun yang telah mati dengan limpahan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Paling Pengasih.

Ya Allah sesungguhnya Engkau telah berfirman dan firman-Mu adalah benar. Dan jika sekiranya mereka sungguh telah menzalimi diri mereka sendiri, lantas mereka datang kapada-Mu (wahai Muhammad) lalu memohon ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah itu Maha Penerima ampun lagi Maha Penyayang.

Ya Allah aku mohon kepada-Mu, Engkau memberikan kewenangan syafaat kepada Nabi dan Rasul-Mu, Rasul untukku pada hari dimana harta benda dan anak-anak tidak dapat diberikan pertolongan, kecuali orang yang datang kepada Allah dengan hari yang selamat (bebas dari syirik dan penyakit nifak. Dan berilah kepastian ampunan untukku sebagaimana Engkau telah memastikan memberi ampunan bagi orang yang datang kepada Rasul diwaktu hidupnya.

Ya Allah Tuhanku, jadikanlah Nabi Muhammad Saw. orang yang pertama memberi syafaat, yang paling berhasil diantara orang-orang yang memohon dan paling mulia dari golongan mereka terdahulu dan terakhir dengan anugerah dan kemurahan-Mu wahai Tuhan yang Maha Mulia lagi Maha Pemurah.

Ya Allah, Ya Tuhanku aku mohon kepada-Mu keimanan yang sempurna, kenyakinan yang benar, sehingga aku dapat menyakini yang benar, sehingga aku dapat menyakini bahwa tiada sesuatu bencana yang akan menimpa kepadaku kecuali apa yang telah Engkau tetapkan kepadaku.  Aku memohon ilmu yang bermanfaat, hati yang khusuk, lidah yang berdzikir, rizqi yang melimpah halal dan baik, amal shaleh yang diterima, serta perdagangan yang tidak rugi.

Ya Allah, ya Tuhan kami, lapangkanlah dada kami, tutupilah keburukan kami, ampunilah dosa kami, tenteramkanlah hati kami dari ketakutan, sudahilah amalan kami dengan kebajikan, terimalah ziarah kami ini, kembalikanlah kepada kami dari keterasingan kami kepada ahli dan keluarga kami di dalam keadaan selamat dan sejahtera berhasil tanpa mendapat kenistaan dan bencana, dan jadikanlah kami termasuk hamba-Mu yang shaleh yaitu dari golongan mereka yang tidak merasa takut dan tidak pula bersedih hati. 

Ya Allah, ya Tuhan kami janganlah Engkau palingkan hati kami sesudah Engkau memberi petunjuk kepada kami, limpahkan kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.

Ya Tuhanku, ampunilah dosaku, dosa kedua orang tuaku serta seluruh mukminin dan mukminat pada hari perhitungan segala amal. Maha Suci Tuhanmu Tuhan Yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera kepada Rasul serta segenap puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.