Tuntunan Praktis
Perjalanan Ibadah Haji

Do'a Sesudah Shalat Sunnah di Belakang Maqam Ibrahim

Shalat sunah thawaf dilakukan di belakang maqam Ibrahim. Bila tidak mungkin, maka dilakukan di mana saja asal di dalam Masjidil Haram.

Pada shalat tersebut setelah membaca Fatihah pada rakaat pertama sebaiknya membaca surat al-Kafirun, dan pada rakaat kedua setelah membaca al-Fatihah sebaiknya membaca surat al-Ikhlas. Sesudah shalat dianjurkan berdo'a:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلَانِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَاعْطِنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَيَقِيْنًا صَادِقاً حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لاَ يُصِيْبُنِيْ إِلاَّ مَاكَتَبْتَ لِيْ رِضًا مِنْكَ بِمَا قَسَمْتَ لِيْ، أَنْتَ وَلِيِّ فِيْ الدُنْيَا وَالآخِرَةِ. تَوَفَّنِيْ مُسْلِمِينَ وَأَلْحِقْنِى بِالصَّالِحِينَ

اللَّهُمَّ لَا تَدَعْ لَنَا فِي مَقَامِنَا هَذَا ذَنْبًا إلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إلَّا فَرَّجْتَهُ،، وَلَا حَاجَةً إلَّا قَضَيْتَهَا وَيَسَّرْتَهَا، فَيَسِّرْ أُمُوْرَنَا وَاشْرَحْ صُدُوْرَنَا، وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا، وَاخْتِمْ بِالصَّالِحَاتِ أَعْمَالَنَا

اللَّهُمَّ تَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ وَأَحْيِنَا مُسْلِمِينَ وَأَلْحِقْنَا بِالصَّالِحِينَ غَيْرَ خَزَايَا وَلَا مَفْتُوْنِينَ

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui rahasiaku yang tersembunyi dan amal perbuatanku yang nyata, maka terimalah ratapanku. Engkau Maha Mengetahui keperluanku, kabulkanlah permohonanku. Engkau Maha Mengetahui apapun yang terkandung dalam hatiku, maka ampunilah dosaku.

Ya Allah, aku ini mohon pada-Mu iman yang tetap yang melekat  terus di hati, keyakinan yang  sungguh-sungguh sehingga aku dapat mengetahui bahwa tiada suatu yang menimpa daku selain dari yang Engkau tetapkan bagiku. Jadikanlah aku rela terhadap apapun yang Engkau bagikan padaku.

Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Engkau adalah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah kami kedalam orang-orang shaleh.

Ya Allah, janganlah Engkau biarkan di tempat kami itu suatu dosapun kecuali Engkau ampunkan, tiada suatu kesusahan hati, kecuali Engkau lapangkan, tiada satu hajat keperluan kecuali Engkau penuhi dan mudahkan, maka mudahkanlah segenap urusan kami dan lapangkanlah dada kami, terangkan hati kami dan sudahilah semua amal perbuatan kami dengan amal yang shaleh.

Ya Allah matikanlah kami dalam keadaan muslim, hidupkanlah kami dalam keadaan muslim, dan masukkanlah kami kedalam golongan orang-orang yang shaleh tanpa kenistaan dan fitnah.