Ini Dia Keutamaan Kota Makkah

Kategori : Features, Haji, Ditulis pada : 15 Maret 2023, 13:19:03

Jika Anda sedang menggali informasi tentang ibadah umrah maupun haji, tentunya tidak afdol tanpa mencari tahu tentang tempat melaksanakan ibadah haji dan umrah. Terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan keimanan dan semangat beribadah umrah, Anda dapat mulai dari menggali tentang keutamaan & keistimewaan kota Makkah Al Mukarramah.

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, seluruh rangkaian ibadah umrah maupun haji dilaksanakan di kota Makkah. Anda melakukan rukun thawaf di ka’bah di Masjidil Haram yang letaknya di kota ini, sehingga kota Makkah sangatlah penting dan menjadi tujuan utama bagi kaum muslimin yang melakukan perjalanan, yakni untuk melakukan ibadah haji dan umrah.

ekrem-osmanoglu-TbTeMOmgQJo-unsplash.jpg

Photo by ekrem osmanoglu on Unsplash

Kota Makkah memiliki banyak keistimewaan salah satunya adalah mata air Zam-zam yang sumbernya tak pernah kering. Meski sudah dikonsumsi selama sekian lama, memenuhi kebutuhan minum dan wudhu jamaah haji dan umrah dari seluruh penjuru dunia, namun air zam-zam tak pernah habis. Luar biasa, bukan…? Saat berumrah, Anda juga dapat membawa air zam-zam untuk dibawa pulang, walaupun saat pandemi ini ada larangan membawa air zam-zam saat kembali ke tanah air.

Keistimewaan lain dari kota suci Makkah adalah kota ini menjanjikan ketentraman bagi penghuninya. Makkah adalah kota yang diberkahi oleh Allah SWT, memberi rasa aman bagi para penduduknya. Bahkan tak hanya manusia saja, namun hewan dan tumbuhan juga merasakan hal yang sama. Seperti yang dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 97 :

“Barangsiapa memasukinya (Baitullah) menjadi amanlah dia.”

Pada saat akhir Zaman, ada 4 negeri yang aman ditinggali, salah satunya adalah Makkah. Dajjal tak dapat memasuki kota Makkah, sehingga bagi yang berkesempatan untuk tinggal di kota Makkah akan selamat dari fitnah Dajjal. Malaikat akan melindungi penduduk kota Makkah dari fitnah Dajjal.

Adapun keistimewaan dari kota Makkah lainnya adalah Makkah disebut dengan Tanah Haram. Artinya, di kota Makkah kita tak boleh memburu hewan, merusak tanaman, dan berbuat kemaksiatan di kota tersebut. Sebagaimana telah disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari no. 1510 :

“…tidak boleh mematahkan rantingnya, tidak boleh memburu hewan liarnya, tidak halal mengambil barang yang hilang, kecuali bagi orang yang hendak mengumumkannya…”

ramon-bucard-37p0-rpI5RQ-unsplash.jpg

Photo by Ramon Buçard on Unsplash

Anda juga dapat melihat keistimewaan kota Makkah karena Masjidil Haram terletak di sana. Barangsiapa yang melakukan shalat di Masjidil Haram, maka pahalanya sama dengan 100.000 kali lipat daripada shalat di tempat lain di dunia ini. Tak heran, Anda yang ingin untuk umrah selalu beruaha yang terbaik untuk bisa sampai ke tanah suci.

Itulah beberapa keutamaan & keistimewaan kota suci Makkah Al Mukarramah. Semoga dapat menjadi penyemangat bagi Anda calon jamaah umrah untuk bisa berangkat ke kota Makkah untuk menunaikan ibadah umrah dan haji. Bagi yang sudah pernah haji dan umrah, semoga dapat berkesempatan untuk datang kembali ke Makkah agar kita dapat meraih pahala di sisi Allah SWT.

 

Writing By: Khofifah

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id