Amalkan Ini Supaya Meraih Pahala Umrah dan Haji Meski Belum Ke Tanah Suci

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 29 Juni 2024, 09:35:36

Umrah & haji menjanjikan pahala yang melimpah bagi umat islam yang mampu menunaikannya. Namun, tidak semua orang mampu menunaikan umrah & haji. Ada yang masih menunggu antrean, ada pula yang tidak istitha'ah secara kesehatan serta finansial. Lantas, apabila ingin berumrah & berhaji namun tak sanggup melaksanakannya, apakah kita tidak bisa mendapatkan pahala umrah & haji?

pexels-mohammad-ramezani-16135714.jpg

Foto oleh mohammad ramezani: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-laki-laki-agama-berdoa-16135714/

Tak perlu khawatir, meskipun kita belum menunaikan umrah maupun haji, kita tetap berkesempatan meraih pahala kedua ibadah yang hanya dapat dikerjakan di baitullah tersebut dengan mengerjakan ibadah-ibadah lainnya. Ibadah ini, pahalanya senilai umrah dan haji. 

Lalu, ibadah apa saja sih yang dapat mendatangkan pahala layaknya menunaikan umrah & haji? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Niat Umrah & Haji

Tahukah Anda, dengan berniat kuat untuk melaksanakan umrah & haji, maka Anda akan mendapatkan pahala umrah & haji? Dilansir dari muslim.or.id, ada sebuah hadits yang diriwayatkan dari sahabat Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Kami berada bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam suatu peperangan. Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya di Madinah itu ada beberapa orang lelaki yang kalian tidaklah menempuh suatu perjalanan dan tidak pula menyeberangi suatu lembah, melainkan orang-orang tadi ada besertamu (yakni sama-sama memperoleh pahala). Mereka itu terhalang oleh sakit (maksudnya uzur karena sakit, sehingga andaikan tidak sakit pasti ikut berperang).’”

Dengan demikian, meski hanya sebuah niat, namun Allah telah mengaruniakan pahala niat tersebut sempurna seperti ketika Anda telah menunaikan umrah dan haji. Maka, berniatlah untuk umrah dan haji dengan tulus, meskipun kenyataannya Anda belum bisa berangkat ke tanah suci.

Shalat Isyraq atau Dhuha di Awal Waktu

Cara selanjutnya adalah Anda bisa mulai dengan salat subuh di masjid, kemudian Anda berdiam diri (berdzikir atau membaca Al Quran) di masjid sampai waktu isyraq (matahari terbit) dan mendirikan sholat isyraq atau dhuha di awal waktu.

Berdasarkan dari hadits dari Abu Umamah r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjamah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah dhuha, maka dia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna,” (HR Thabrani).

Yakinlah Allah akan menganugerahkan pahala umrah & haji yang sempurna seperti Anda mengerjakannya di tanah suci dengan jalan melakukan amalan sholat isyraq atau dhuha di awal waktu ini.

Salat Lima Waktu Berjamaah di Masjid

Amalan yang terbilang sederhana namun biasanya dalam pelaksanaannya tak mudah adalah sholat wajib berjamaah di masjid. Salat lima waktu adalah ibadah utama yang harus diusahakan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Jika Anda berhasil mengerjakan sholat wajib berjamaah di masjid, maka pahala senilai haji dan umrah bisa Anda raih.

Dalam sebuah hadits, dari Abu Umamah r.a., Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju shalat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang melakukan haji. Barangsiapa keluar untuk sholat Sunnah dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumroh. Dan (melakukan) salat setelah salat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis di ‘illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih),”(HR. Abu Daud; Ahmad).

Maka, usahakanlah untuk selalu salat wajib di masjid secara berjamaah, meskipun berat Anda dijanjikan pahala orang haji dan umrah saat Anda bisa merutinkannya.

Berbakti Kepada Orang Tua

Birrul walidain atau berbakti kepada orang tua banyak bentuknya. Ada yang berupa mengasihi mereka dengan memberikan nafkah, ada yang berbakti dengan merawat mereka ketika sakit, menuruti nasehatnya (selama tak bertentangan dengan perintah Allah), serta membahagiakan hati kedua orang tua kita.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Ada seseorang yang mendatangi Rasululah SAW dan ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya padanya apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup. Ia jawab, ibunya masih hidup.

Rasul SAW pun berkata padanya, “Bertakwalah pada Allah dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah dan berjihad.” (HR. Ath-Thabrani)

Niat berbakti kepada orangtua yang diridhoi oleh Allah SWT akan mengundang pahala berlimpah untuk Anda seperti Anda pergi haji & umrah. Maka, muliakanlah orang tua Anda agar dapat meraih pahala tersebut.

Zikir Setelah Shalat

Mengucapkan dzikir tasbih, tahmid dan takbir masing-masing sebanyak 33x setelah shalat fardhu mengandung pahala seperti haji & umrah. Rutinkan zikir tersebut, maka walau belum ke tanah suci Anda sudah memperoleh pahala haji dan umrah.

Datang ke Majelis Ilmu di Masjid

Terakhir, Anda bisa mendapatkan pahala haji & umrah dengan menghadiri majelis ilmu di masjid. Berniat mencari ilmu dengan tulus, bukan karena ingin menyombongkan diri sehingga ilmu Anda peroleh, pahala umrah dan haji juga Anda raih.

Nabi SAW bersabda,

Barangsiapa berangkat ke masjid, tak ada yang ia inginkan kecuali untuk mempelajari satu kebaikan atau mengetahui ilmunya, maka ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna.” (HR. Thabrani)

Itulah beberapa amalan yang dapat Anda kerjakan untuk meraih pahala umrah dan haji. Tentunya, selalu niatkan dengan tulus dan ikhlas seluruh ibadah Anda supaya diterima oleh Allah SWT. Semoga Allah segera memanggil kita untuk pergi ke tanah suci untuk beribadah umrah & haji.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id