5 Trik yang Bisa Anda Praktekkan Saat Menjalani Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 21 Maret 2023, 14:46:47

Melakukan ibadah umrah, tentu menjadi hal yang dirindukan bagi setiap umat muslim. Bayangan untuk bisa beribadah dengan tenang di Masjidil Haram, menyaksikan langsung bangunan ka’bah, mengunjungi tempat-tempat yang mustajab, berkunjung ke makam Rasulullah SAW, dan seterusnya sudah ada di benak. Tetapi, ada banyak hal teknis yang harus Anda perhatikan agar ibadah umrah Anda tak dipenuhi dengan mengurus hal-hal kecil yang bikin Anda ribet waktu di Baitullah.

said-alamri-XETXw59dsVo-unsplash.jpg

Photo by said alamri on Unsplash

Berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda coba selama di tanah suci, agar memudahkan Anda ketika melaksanakan ibadah umrah. Simak baik-baik dari awal sampai akhir yuk!

Tips Menggunakan Kamar Mandi

Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah umrah, memelihara wudhu sangat disarankan karena tidak setiap waktu Anda bisa berwudhu. Pastinya Anda tak akan dapat khusyu’ jika harus bolak-balik ke tempat wudhu. Anda juga harus mengantisipasi jika ingin menunaikan hajat atau ‘panggilan alam’ yaitu buang air kecil ataupun buang air besar. Pergi ke toilet bukan hal yang mudah ketika Anda berada di Masjidil Haram.

37.jpg

Photo by Robert Thiemann on Unsplash

Hal ini karena desain bangunan Masjidil Haram berbeda dengan masjid pada umumnya, Anda harus benar-benar mengetahui letak toilet yang ada di Masjidil Haram. Toilet ini berada di luar area masjid, tepatnya di dekat pintu masuk utama yaitu pintu King Abdul Aziz atau dekat dengan pintu keluar Bukit Marwah. Bagi Anda yang tengah berada di area masjid, mau tak mau harus menghentikan aktivitas ibadah Anda dan berjalan keluar dari Masjidil Haram.

Harus diperhatikan lagi yaitu waktu yang Anda habiskan selama di toilet. Berjalan keluar masjid sudah menghabiskan waktu sekitar 10 menit, belum lagi mengantri selama di toilet. Oleh karena itu Anda sebaiknya menghindari waktu-waktu dimana toilet ramai oleh jamaah. Biasanya, toilet ramai sebelum masuk waktu sholat berjamaah seperti sholat Maghrib ataupun sholat Jumat. Sebaiknya, pastikan semua urusan di kamar mandi sudah rampung sebelum memasuki area Masjidil Haram supaya Anda tidak perlu meninggalkan Masjid lagi di tengah-tengah ibadah.

Menyimpan Uang Tunai yang Aman

Membawa uang tunai jadi kebutuhan tersendiri bagi Anda saat menjalankan ibadah umrah sebagai alat pembayaran ketika di Baitullah. Sebab, mata uang yang dipakai tidaklah sama dengan di Indonesia, Anda wajib menukar uang terlebih dahulu sebelum pergi umrah. Anda dapat menukarkannya di jasa penukaran mata uang asing yang terpercaya.

Akan tetapi, sebaiknya Anda berhati-hati ketika membawa uang tunai. Bawa seperlunya saja, jika perlu tulis berapa kebutuhan Anda selama di tanah suci termasuk untuk membeli oleh-oleh sebelum pulang. Jika Anda memiliki uang tunai terlalu banyak, tentunya Anda akan kerepotan membawanya. Ada rasa khawatir akan hilang dan seterusnya.

Anda bisa menjajal beberapa tips berikut ini. Pisahkan uang tunai Anda ke beberapa tempat, jangan menyimpan hanya ke dalam satu wadah saja! Ini menghindari jika mengalami kehilangan, Anda masih punya cadangan uang tunai di tempat lainnya. Bawa secukupnya di dompet kecil yang selalu dibawa kemanapun bahkan saat dibawa ke masjid. Untuk sebagian lainnya dapat Anda simpan di tas yang Anda tinggalkan di kamar hotel. Simpan di bagian tas yang menurut Anda aman ya!

Anda juga bisa menaruh uang Anda di ATM, jika membutuhkan uang tinggal tarik tunai di ATM. Membawa selembar kartu ATM jauh lebih sederhana dibandingkan dengan membawa segepok uang tunai bukan? Nah, terakhir Anda bisa menjajal memanfaatkan save deposit box yang kadang tersedia oleh pihak hotel tempat Anda menginap. Hotel dengan minimal bintang 4 biasanya mempunyai fasilitas ini. Jika tidak, Anda dapat menggunakan koper milik pribadi yang bisa Anda kunci ketika ditinggal-tinggal.

Agar Koper Tidak Tertukar dengan Jamaah Lain

Koper adalah salah satu barang penting yang dibutuhkan ketika berangkat umrah untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan saat berada di Baitullah. Namun, banyak terjadi masalah mengingat sangat banyak koper jamaah lain yang menyebabkan insiden kehilangan atau koper yang tertukar.

38.jpg

Photo by Italic on Unsplash

Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda harus menandai koper Anda agar dapat dikenali dengan mudah. Misalnya dengan menempelkan stiker bendera merah putih untuk mempertegas bahwa itu adalah koper jamaah asal Indonesia. Lalu, jangan lupa untuk menaruh identitas diri yang lengkap di koper Anda. Jika perlu pasang foto Anda juga agar lebih jelas. Hal ini menghindari koper Anda diakui oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab.

Anda juga dapat memasang gantungan kunci unik dan mencolok, yang membedakan koper Anda dengan koper jamaah lain. Cara lainnya, ada pula yang mengikat pita yang warnanya seragam dengan jamaah satu rombongan untuk mempermudah|memudahkan memilih koper. Usahakan agar selalu memeriksa koper dan isi koper Anda secara berkala selama di Baitullah. 

Menyimpan Tanda Pengenal serta Dokumen Penting

benda yang sangat penting untuk Anda bawa ketika beribadah umrah ialah tanda pengenal jamaah dan dokumen penting lainnya. Tanda pengenal ini biasanya bertuliskan nama, usia, asal negara, nama regu dan seterusnya sebagai identitas resmi Anda sebagai jamaah umrah. Dokumen penting lainnya antara lain paspor, Anda harus menjaganya dengan baik supaya tidak hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Jadi, pastikan untuk menggunakan tas kecil untuk menampung tanda pengenal dan dokumen penting Anda agar bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Jangan sekali-kali mempercayakan kepada orang lain, atau meletakkannya sembarangan ketika wudhu atau meninggalkannya saat beribadah. Tetap fokus merawat barang-barang bawaan Anda.

Tips Membawa Barang-Barang Kecil yang Diperlukan

Barang-barang kecil ini terlihat remeh, namun harus selalu Anda simpan agar tidak kerepotan saat menjalani ibadah umrah. Antara lain gunting kecil untuk tahallul, pemotong kuku, alat cukur jenggot, tali tambang (berfungsi untuk tali menjemur pakaian saat di kamar dan mengikat koper), cotton buds, obat-obatan untuk sakit ringan, kaos kaki dan sarung tangan agar tidak kedinginan.

39.jpg

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Nah, itulah beberapa tips praktis yang memudahkan Anda selama menjalani ibadah umrah di tanah suci. Semoga Ibadah umrah Anda berjalan lancar, khusyu’ dan tentunya mabrur ya!

 

Writing By: Khofifah

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id