Memahami Tata Cara Ibadah Umrah dengan Manasik Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 19 Maret 2023, 11:02:02

Berkesempatan untuk mengunjungi Baitullah untuk beribadah umrah tentu menjadi hal yang sangat dirindukan oleh setiap muslim dari seluruh penjuru dunia. Butuh persiapan yang ekstra agar perjalanan ibadah umrah bisa berjalan dengan lancar. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan menjalani manasik umrah.

Manasik umrah bukanlah termasuk dari rukun atau wajib umrah, akan tetapi kegiatan ini cukup penting untuk dijalankan supaya Anda sebagai calon jamaah umrah dapat melaksanakan ibadah umrah dengan tata cara yang benar. Lalu, apa sih sebenarnya manasik umrah itu? Berikut hal-hal yang harus Anda pahami tentang manasik ibadah umrah.

52.jpg

Photo by ibrahim uz on Unsplash

Apa itu Manasik Umrah?

Manasik umrah adalah peragaan kegiatan ibadah umrah yang benar dimulai dari rukun hingga tata caranya secara keseluruhan. Manasik ini biasanya digelar oleh pihak biro umrah tempat Anda mendaftarkan diri menjadi jamaah umrah.

tentunya, akan ada pembimbing khusus dalam kegiatan manasik umrah ini. Anda akan dibimbing mulai dari bagaimana pelaksanaan rukun umrah, tata cara ibadah umrah yang benar, juga praktek langsung bagaimana ibadah umrah yang baik dan benar. Tidak hanya sekedar teori akan tetapi juga prakteknya, sehingga Anda jauh lebih mudah untuk mengerti bagaimana pelaksanaan umrah tersebut.

Agar bisa lebih menghayati suasana saat di Baitullah, sewaktu manasik umrah juga menggunakan properti yang serupa contohnya miniatur Ka’bah. Lalu peserta manasik umrah juga akan mengenakan pakaian ihram layaknya sedang melaksanakan ibadah umrah yang sebenarnya.

Selain menjelaskan rukun dan tata cara umrah, pembimbing juiga akan memberikan arahan seperti sosialisasi tentang peraturan-peraturan pemerintah Arab Saudi yang berlaku, agar para jamaah tidak melanggar hal-hal yang tidak diperbolehkan.

Nah, untuk tata caranya sendiri kurang lebih mencakup pelaksanaan rukun dan wajib umrah. Berikut penjelasannya:

Tata Cara Manasik Umrah

Ada beberapa tahapan pelaksanaan manasik umrah. Manasik ini bisa juga disebut sebagai latihan, sebab Anda akan memperagakan langsung apa yang akan Anda jalankan ketika umrah. Jadi, tata caranya kurang lebih serupa dengan rukun serta wajib umrah.

Niat Ihram di Tempat Miqat dengan Memakai Pakaian Ihram

Hal pertama yang dikerjakan ketika manasik adalah melaksanakan rukun umrah pertama yaitu ihram. Sebelumnya, lakukan beberapa sunnah ihram antara lain memotong kuku, mencukur rambut (tidak boleh sampai gundul bagi laki-laki), memotong kumis, jenggot serta bulu lainnya di tubuh. Lalu mandi, menyela-nyela jari tangan dan kaki, di akhiri dengan wudhu.

Dilanjutkan dengan mengenakan pakaian ihram. Pakaian ihram untuk laki-laki dibuat secara khusus, yaitu pakaian dengan warna putih terdiri dari dua bagian yaitu kain bagian atas yang disebut Rida serta kain bagian bawah yang disebut Izzar. Sedangkan untuk perempuan, pakaian ihram sama dengan pakaian muslimah ketika shalat. Harus menutup aurat, kecuali wajah dan telapak tangan, menjulur sampai ke dada serta mengenakan kaos kaki agar bagian bawah tertutup.

Tahapan selanjutnya adalah shalat sunnah ihram, yang bisa dikerjakan ketika mendirikan shalat wajib maupun shalat sunnah lainnya. Jadi, bukan dikhususkan shalat sunnah untuk ihram. Dan terakhir melakukan niat di tempat miqat yakni Bir Ali.

Selama berihram di tanah suci, usahakan untuk memperbanyak dzikir dan membaca talbiyah yang berbunyi, “Labaikkallahumma labbaik”. Bisa juga dengan bacaan talbiyah versi yang lebih lengkap. Banyak-banyak dzikir serta hindari segala larangan ketika berihram.

Thawaf Mengelilingi Ka’bah

Selanjutnya adalah berlatih memperagakan salah satu aktivitas rukun umrah yaitu thawaf. Thawaf yaitu berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali putaran. Diawali dari Hajar Aswad dan diakhiri di Hajar Aswad pula, disunnahkan untuk memperbanyak membaca takbir saat thawaf.

Selesai thawaf, disunnahkan pula untuk melakukan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim. Anda bisa memperbanyak doa di tempat ini, sebab Maqam Ibrahim merupakan salah satu tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Melaksanakan Rukun Sa’i

Sebelum melakukan rukun sa’i, disunnahkan minum air zam-zam sambil berdoa. Proses manasik selanjutnya yaitu mempraktekkan rukun umrah ketiga yaitu sa’i. Sai adalah berjalan cepat di antara bukit Shafa dan Marwah.

Anda memerlukan kekuatan fisik yang prima agar dapat melaksanakan rukun ini, sehingga dengan melakukan manasik umrah Anda bisa mencoba agar nantinya lebih siap ketika pelaksanaan umrah yang sebenarnya.

Tahallul, Memotong Sebagian Rambut atau Keseluruhan

Nah, hal terakhir yang dipraktekkan saat manasik haji adalah mempraktekkan tahallul yaitu memotong sebagian rambut atau seluruhnya (bagi laki-laki). Tahallul ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asal sudah melaksanakan rukun umrah juga. Yang penting tidak berlawanan jenis. Khusus jamaah perempuan, lebih utama tahallul dilakukan oleh mahramnya, atau sama-sama jamaah perempuan yang sudah melakukan rukun umrah juga.

Itulah beberapa tata cara manasik umrah, utamanya bab rukun umrah yang cukup penting untuk dikerjakan secara tepat, karena sifatnya wajib.

53.jpg

Image by Konevi from Pixabay

Manfaat Manasik Umrah

Untuk yang menjalankan manasik umrah, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dibandingkan dengan yang tidak melaksanakannya. Hikmah manasik umrah antara lain:

- Mengetahui tata cara ibadah umrah yang benar, agar tidak terjadi kesalahan ketika melaksanakan rukun ataupun wajib umrah.

- Mengerti gambaran situasi serta kondisi ketika berada di tanah suci, dan paham apa yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah umrah

-Lebih mengenal pemimpin jamaah dan teman serombongan yang berangkat bersama dari tanah air.

-Memahami peraturan ketika di bandara dan itinerary.

-Memantapkan hati dan siap untuk menjalani ibadah umrah.

Itulah pentingnya memahami tentang manasik ibadah umrah. Anda perlu menyiapkan diri baik secara mental dan jasmani sebelum berangkat menunaikan ibadah umrah ke baitullah. Jangan lewatkan manasik umrah ini sebab sangat penting untuk Anda ikuti. Selamat menjalani manasik ibadah umrah!

 

Writing By: Khofifah

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id