Singgah ke Masjid Nabawi, Jangan Lupa Mengunjungi Raudhah

Kategori : Umrah, Haji, Ditulis pada : 16 Maret 2023, 15:00:04

Menjalankan ibadah haji dan umrah, tak lengkap rasanya apabila tak singgah di Kota Madinah. Tepatnya berkunjung ke Masjid Nabawi. Masjid yang jadi pusat peradaban Islam saat Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah ini, masih terawat dengan apik hingga saat ini. Bahkan, dikunjungii jutaan umat Islam sepanjang tahun saat melaksanakan ibadah ke Baitullah.

Masjid Nabawi sendiri mempunyai struktur yang unik pada bangunannya, di antaranya bangunan masjid yang terdiri dari dua buah bangunan bertingkat berbentuk persegi panjang tak beraturan yang luas. Selain itu, depan masjid Nabawi juga sangat luas dengan desain arsitektur yang Islami. Terdapat kubah dan payung yang bisa membuka dan menutup secara otomatis di pelataran masjidnya. keduanya menjadi daya tarik dan pesona keindahan dari Masjid Nabawi.

49.jpg

Photo by Anas Miah on Unsplash

Tempat-tempat istimewa yang ada di masjid Nabawi di antaranya adalah makam Rasulullah SAW serta para sahabat. Sebab dulunya, rumah Nabi SAW selama tinggal di Madinah berdekatan bahkan menyatu dengan bangunan masjid Nabawi. Rasulullah meninggal dunia di kamarnya bersama Aisyah RA. Beliau juga dimakamkan di kamar tersebut.

Nah, yang tak kalah spesial adalah ada tempat yang sering disebut Raudhatul Jannah atau Raudhah. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Raudhah? Yuk simak sampai habis ulasan berikut ini agar Anda lebih termotivasi untuk berkunjung ke Baitullah dan mengunjungi Raudhah!

Apa itu Raudhah?

Raudhah yaitu tempat kecil di antara kamar Aisyah (yang sekarang adalah makam Nabi SAW) dengan mimbar Masjid Nabawi. Dulunya, Raudhah ini terletak di luar area Masjid Nabawi, karena merupakan ruang perbatasan di antara rumah Nabi dan masjid. Namun, seiring dibangunnya Masjid Nabawi, tempat ini pada akhirnya menyatu dan menjadi bagian dari ruang Masjid Nabawi.

Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa, ada satu tempat di dunia ini yang merupakan salah satu taman dari taman-taman yang ada di surga. Rasulullah SAW bersabda,

“Apa yang ada di antara kamarku dan mimbarku adalah taman-taman surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan tempat yang dimaksud merupakan tempat di antara mimbar masjid Nabawi dan kamar Rasulullah, kemudian lebih dikenal dengan nama Raudhatul Jannah yang berarti “Taman Surga”. Luar biasa sekali bukan? Selama ini kita cuma bisa membayangkan bagaimana gambaran surga yang terdapat di Al Quran. Namun, kita bisa menemukan salah satu taman surga yang ada di dunia dari apa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW tersebut.

Batas lokasi

Lokasi Raudhah berbatasan dengan beberapa tempat di area Masjidil Nabawi. di sebelah kiri kiblat masjid atau sebelah timur, dibatasi oleh kamar Aisyah RA yang sekarang menjadi tempat Rasulullah dimakamkan. Sesuai dengan wasiat Nabi SAW, yang berpesan, “Tidaklah seorang utusan Allah (Nabi/Rasul) dikuburkan melainkan di tempat ia meninggal.”

Kemudian di sebelah barat berbatasan dengan mimbar Rasulullah SAW. selanjutnya sebelah selatan merupakan kiblat yang letaknya sejajar dengan mihrab Rasulullah SAW. Dan terakhir yaitu di sebelah utara dibatasi dengan garis sejajar dengan kediaman ibunda Aisyah RA.

afiq-fatah-qp0hPaafKD0-unsplash.jpg

Photo by afiq fatah on Unsplash

Dengan begitu, ukuran dari Raudhah ini yaitu sekitar 22 x 15 meter sehingga total dari keseluruhan kurang lebih 330 meter persegi. Area ini ditandai dengan karpet dengan warna hijau pada lantainya, sehingga tampak mencolok dan berbeda dengan sekelilingnya yaitu area dalam Masjid Nabawi yang karpetnya warnanya merah.

Anda dapat meluangkan waktu sebentar untuk singgah di Raudhah saat berada di Masjid Nabawi. Mengapa? Sebab tempat ini punya banyak keunggulan dibandingkan tempat-tempat lainnya terutama untuk beribadah.

Tempat Mustajab untuk Berdoa

Raudhah ini merupakan salah satu tempat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa, tak heran jika banyak jamaah yang ingin masuk untuk melaksanakan shalat dan berdoa di Raudhah. Anda bisa melakukan banyak jenis ibadah ketika di Raudhah seperti shalat, memanjatkan doa, memperbanyak dzikir juga i’tikaf. Jika Anda memiliki kesempatan untuk berdoa di Raudhah, pilih doa-doa terbaik yang ingin Anda panjatkan kepada Allah SWT.

Anda juga dapat menyiapkan doa-doa tersebut dari rumah, sebelum berangkat ke tanah suci. Selain berdoa untuk diri sendiri, Anda dapat berdoa untuk orang tersayang, hingga umat muslim di seluruh dunia. Atau mungkin Anda mendapatkan titipan doa dari saudara, teman dan lainnya. Anda bisa memanjatkan doa-doa tersebut di Raudhah.

Mengapa harus disiapkan sebelumnya? supaya ketika berdoa di Raudhah waktu Anda lebih efektif, fokus, serta lebih khusyuk. Anda tidak bisa berlama-lama di Raudhah, apalagi ketika situasi musim haji atau umroh. Anda harus memiliki toleransi dengan jamaah lain yang juga ingin masuk ke Raudhah. Jadi, harus bergantian untuk menempati posisi di Raudhah.  

Bagi jamaah laki-laki, bebas pilih waktu untuk berdoa di Raudhah sebab posisinya memang untuk shaf jamaah muslim. Akan tetapi bagi jamaah perempuan, ada jadwal khusus untuk bisa berdoa di Raudhah. Yaitu pada saat dhuha, dzuhur dan isya.

Tentang Raudhah merupakan taman surga, Ibnu Hajar RA berpendapat ada 3 poin yang dapat disimpulkan. Pertama, tempat ini serupa dengan taman surga. Jika orang berdoa di tempat tersebut, akan merasakan ketenangan seperti di surga. Kedua, untuk yang beribadah di Raudhah bisa menjadi penyebab masuk surga.

Ketiga, tempat tersebut (Raudhah) kelak diangkat atau dipindahkan kembali ke dalam surga. Maka, beruntung lah bagi Anda yang memiliki kesempatan untuk dapat mengunjungi Raudhah ketika di dunia, dan semoga kelak kita dapat melihat kembali Raudhah ketika di surga. 

Nah, itulah tadi sekilas gambaran tentang tempat bernama Raudhah yang letaknya di salah satu masjid yang diagungkan oleh umat Islam yaitu Masjid Nabawi. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan usia yang berkah, sehingga bisa melaksanakan ibadah di Baitullah dan bisa mengunjungi Raudhah.

 

Writing By: Khofifah

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id