Rencanakan Ibadah Umrah Di Usia Muda, Inilah) Tipsnya

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 17 Maret 2023, 10:56:57

Banyak yang beranggapan, bahwa menunaikan ibadah haji atau umrah harus saat sudah tua, masa pensiun, atau harus jadi orang kaya terlebih dahulu. Padahal, tak usah menunggu tua jika ingin berangkat umrah. Justru ketika masih muda, maka Anda bisa melakukan ibadah dengan maksimal. Mengapa?

Tentu saja, karena untuk melakukan semua kegiatan pada rangkaian ibadah umrah, diperlukan banyak energi dan kondsi badan yang kuat. Ketika masih muda, sehat, segar bugar, Anda bisa mulai merencanakan untuk menjalankan ibadah umrah ke tanah suci. Awali dengan niat kuat untuk melaksanakan umrah ketika masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan berputus asa, melihat daftar tunggu haji yang masih bertahun-tahun lamanya. Tetap berusaha supaya Allah mengundang hamba-Nya dengan cara yang tidak terduga. Contohnya dengan membuat rencana kapan akan melaksanakan perjalanan umrah. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendekatkan impian berangkat ke tanah suci. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa menunaikan umrah saat masih muda. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Memantaskan Diri Melaksanakan Umrah

Hal pertama yang bisa Anda luruskan adalah niat. Niat yang kuat untuk melaksanakan umrah. Perlu dipahami bahwa pergi ke Baitullah adalah undangan dari Allah SWT. Bukan soal pria atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk dianggap pantas di depan Allah SWT.

Maka, Anda harus menyertai niat tersebut dengan usaha untuk memantaskan diri. contohnya, cek seberapa besar kesungguhan Anda untuk pergi umrah, mulai merutinkan ibadah-ibadah yang wajib, menambah ibadah sunnah lebih sering, memudahkan urusan orang lain dan seterusnya. Jadi, Allah akan menilai kita pantas untuk menjalani ibadah yang lebih istimewa lagi yakni beribadah di tanah suci.

Mempelajari Tentang Persiapan Ibadah

Selanjutnya, Anda coba untuk mempelajari tentang apa saja yang perlu Anda siapkan untuk umrah. Mulai dari belajar tentang rukun umrah, apa saja yang dilakukan ketika di sana, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca ketika umrah dan lain-lain.

Anda juga bisa menggali informasi teknis tentang tata cara berangkat umrah, dokumen yang harus disiapkan, membuat paspor, memilih biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di tanah suci dan lain-lain. Informasi yang lengkap bisa membantu Anda agar lebih terarah.

Anda bisa menggali informasi terkait ibadah umrah melalui pencarian di internet, bisa juga bertanya kepada saudara yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Umrah

Umrah merupakan ibadah yang sedikit berbeda dengan ibadah lainnya, terutama terkait biaya perjalanan untuk pergi ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda memiliki prioritas yang berbeda dalam mengalokasikan penghasilan yang Anda dapatkan. Aneka kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang lebih prioritas untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tidak bisa melaksanakan ibadah umrah di usia muda. Saat Anda berniat untuk umrah, upayakan pula untuk memikirkan bagaimana agar Anda bisa mencapainya. Anda bisa mulai membuka tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Saat ini, ada bermacam-macam lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembuatan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan merasa terbantu karena ‘dipaksa’ menyimpan uang untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyetorkan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menetapkan Waktu Terbaik untuk Umrah

Selanjutnya Anda dapat menetapkan waktu terbaik untuk pergi umrah. Bisa juga disesuaikan dengan jadwal Anda saat ini. Namun, sebaiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk berangkat umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di Indonesia.

Ada beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih. Antara lain adalah:

  • Bulan Ramadhan

Dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika bulan Ramadhan tiba, berumrahlah pada saat itu. Sebab umrah waktu Ramadhan senilai dengan haji.” Tentunya, Anda juga dapat merasakan indahnya suasana bulan suci di tanah suci yang membuat ibadah Anda semakin terasa berkesan.

  • Antara Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Makkah dan Madinah berbeda dengan di Indonesia. Pada bulan Maret-Mei adalah waktu terbaik untuk Anda pergi umrah karena pada bulan tersebut cuaca sedang sehingga terasa nyaman dan lebih fokus untuk menjalankan ibadah umrah.

  • Pada Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi waktu yang tepat untuk Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi perjalanan setahun terakhir juga sebagai motivasi untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tak heran bila pada pergantian tahun menjadi waktu yang diminati untuk melakukan perjalanan umrah.

  • Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Nah, pada masa sebelum dan setelah musim Haji, kondisi di tanah suci cukup sepi. Anda bisa merencanakan umrah pada saat itu agar Anda bisa beribadah dengan tenang tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun beribadah di Hijr Ismail juga tak akan terlewat.

Memilih Travel Umrah Terpercaya

Biasanya, untuk melakukan perjalanan haji maupun umrah, membutuhkan bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi untuk Anda yang baru pertama kali pergi umrah, harus memilih travel umrah yang terpercaya.

19.jpg

Photo by MichaƂ Parzuchowski on Unsplash

Anda dapat menggali informasi dari website, bertanya langsung ke kantor biro umrah di kota Anda, ataupun rekomendasi dari sahabat atau saudara yang pernah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk mewaspadai dari travel umrah bermasalah yang dapat menghambat perjalanan ibadah umrah Anda.

Hal-Hal yang Sebaiknya Dihindari

Terakhir, ada hal-hal yang harus Anda hindari ketika Anda berniat untuk umrah. Sebab tujuan utama dari umrah adalah hanyalah beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Antara lain:

  • Melaksanakan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena mampu untuk melaksanakannya. Ingat, ibadah umrah bukanlah sekedar mengunjungi tempat wisata atau plesir.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah adalah ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk ditunjukkan kepada orang lain. Diperlukan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, untuk orang-orang yang Allah berikan kekayaan, sangat mudah untuk melaksanakan umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu luruskan niat, agar tidak hanya sekedar untuk pamer.
  • Melaksanakan umrah untuk tujuan mencari untung. Hindarilah melakukan ibadah umrah hanya semata-mata mencari keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Pastikan niat Anda benar-benar murni untuk ibadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri agar bisa menjalankan umrah. Beribadah umrah adalah untuk siapa saja yang mampu, jadi tak perlu memaksakan diri untuk pergi umrah jika memang belum cukup. Hal ini justru bisa menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya memulai merencanakan untuk pergi umrah dari hari ini. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id