Agar Ibadah Umrah Bersama Keluarga Tak Sekedar Impian

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 25 Juni 2024, 15:15:15

Bagi kaum muslim, menunaikan ibadah umrah adalah hal yang dinantikan. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, antara lain Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri dengan Allah, mendapat ganjaran yang berlipat ganda, berdoa di tempat yang mustajab, ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keistimewaan yang akan Anda dapatkan.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika dapat menunaikannya bersama keluarga tersayang, pasti lebih menggermbirakan. Merasakan beribadah di Baitullah ditemani orangtua, suami atau istri, bahkan dengan anak-anak. Tentunya, banyak persiapan yang wajib dijalankan agar perjalanan umrah bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Nah, bagi Anda yang ingin beribadah umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita bahas beberapa tips persiapan ibadah umrah bersama. Yuk, simak selengkapnya!

Berniat Umrah Sekeluarga

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berniat untuk melaksanakan ibadah umrah. Pastinya, Anda harus berkomunikasi dengan anggota keluarga Anda agar bersama-sama meniatkan diri untuk berangkat beribadah umrah. Kesamaan niat ini akan lebih mewujudkan impian Anda untuk dapat melaksanakan ibadah umrah bersama keluarga.

Bayangkan, jika hanya Anda yang memiliki niat untuk umrah, sedangkan istri atau anak Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke tanah suci tak hanya masalah kesiapan materi, namun juga kesiapan batin. Dan Allah hanya ‘mengundang’ seorang muslim yang telah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, cek apakah Anda dan keluarga telah sama-sama berniat untuk berangkat umrah ya!

Persiapkan Dana yang Dibutuhkan

Niat saja tak cukup, maka perlu dibarengi dengan ikhtiar yaitu menyiapkan sejumlah dana yang bisa menghantarkan Anda sekeluarga berangkat umrah. Apalagi jika yang pergi dua orang atau lebih, semakin banyak jumlah keluarga yang ikut, maka dana yang harus dibayarkan juga semakin tinggi. Jadi, Anda perlu menganggarkan untuk persiapan dana tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuka tabungan khusus umrah. Hitung berapa anggaran dana yang diperlukan untuk bisa berangkat umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk umrah kurang lebih 25 juta rupiah, tinggal dikalikan dengan berapa jumlah anggota keluarga yang mendaftar. Anda bisa memilih paket-paket umrah keluarga yang dapat menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan nominal semampu Anda terlebih dahulu. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan ikhtiar dan kesungguhan Anda kepada Allah agar dimampukan untuk menunaikan umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak kisah, bagaimana Allah memampukan siapa saja yang Dia undang ke Baitullah. Dan berapa banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi tak kunjung juga pergi umrah?

Melengkapi Dokumen dan Paspor

Semakin banyak anggota keluarga yang ikut dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda urus. Sebaiknya, cari tahu dan catat dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda dapat menggali informasi selengkapnya di internet, atau bertanya ke biro travel umrah yang terpercaya.

Mengapa Anda perlu menulis dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tak perlu bolak-balik saat mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum. Anda juga perlu membuat paspor jauh-jauh hari, karena hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan mempermudah Anda sekeluarga untuk melaksanakan umrah dengan lancar.

Mengecek Kondisi Kesehatan Keluarga

Kesehatan tubuh sangatlah penting untuk dipastikan, sebelum menunaikan umrah bersama keluarga. Karena sebagian besar aktifitas, baik itu rukun maupun ibadah lain di Baitullah merupakan ibadah fisik yang membutuhkan kondisi fisik yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga membutuhkan tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan diri sendiri, tapi setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Ketahui, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan sehingga dapat diantisipasi oleh anggota keluarga lain yang berangkat bersamanya. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum pergi umrah.

Memilih Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal aktivitas yang berbeda, misalnya orangtua yang harus pergi kerja, anak yang sekolah, dan seterusnya maka diperlukan pemilihan waktu yang pas untuk menunaikan umrah sekeluarga. Jangan sampai memilih waktu yang bentrok, sehingga kegiatan utama justru terabaikan.

Anda dapat memilih waktu-waktu seperti liburan sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan setelah musim haji ( agar tak terlalu ramai) atau saat bulan Ramadhan. Jadwalkan waktu khusus yang disepakati agar dapat dijalani oleh semua anggota keluarga.

Menyiapkan Barang Bawaan

Nah, jika kesiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah dipilih, saatnya Anda meluangkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Ketika menata barang bawaan, pasti semua terlihat penting untuk dibawa. Jadi Anda tidak sadar bahwa barang bawaan Anda sangat banyak bahkan overload melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda bukan pindahan selamanya tapi hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Ketahui berapa bagasi yang disediakan untuk Anda. Pertimbangkan pula bahwa sepulang dari tanah suci, Anda perlu ruang jika Anda membawa oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Perbanyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT, agar harapan Anda terwujud untuk dapat berangkat ibadah umrah ke tanah suci bersama keluarga. Tugas Anda terus berikhtiar, namun Allah yang menentukan apakah Anda layak untuk diundang ke rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tidak cukup berdoa saja, wujud usaha Anda juga bisa lewat cara sering-sering bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga melancarkan proses Anda saat menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka menjalankan ibadah.

Itulah beberapa tips mempersiapkan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga dapat memperkuat niat dan menambah semangat Anda dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang tersayang. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id