Cara Menabung Untuk Ibadah Haji Umrah Yang Wajib Anda Ketahui

Kategori : Artikel, Tips and Trik, Ditulis pada : 04 Oktober 2022, 08:24:30

Cara Menabung Untuk Ibadah Haji Umrah Yang Wajib Anda Ketahui - Menunaikan rukun Islam yang kelima bagi umat Islam adalah hal yang membahagiakan. Tidak sedikit orang yang mencari cara menabung untuk haji dan umroh. Apalagi jika melihat peluang haji umroh saat ini yang semakin sulit, menuntut Anda untuk mempersiapkannya.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan rekening tabungan haji umroh Anda. Berikut ini akan ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan tabungan persiapan haji umroh. Nah, disini kami akan membahas mengenai Cara Menabung Untuk Ibadah Haji Umrah.

Cara Menabung Untuk Ibadah Haji Umrah

Anda mungkin perlu cara menabung untuk persiapan haji umroh. Apalagi bagi Anda yang belum memiliki pengalaman pergi ke luar negeri pasti masih merasa bingung dengan prosedur dan persiapan yang harus dilakukan. Tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas tuntas tentang cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk menyiapkan tabungan haji umroh Anda. Simak ulasan cara berikut ini agar Anda bisa mempersiapkannya sejak dini.

1. Memiliki Niat Sejak Dini

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jadwal keberangkatan haji dan umrah di Indonesia cukup panjang. Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan nomor antrian. Bahkan, tidak jarang antrian mencapai 20 tahun di daerah tertentu. Anda tentu tidak ingin melaksanakan ibadah haji umroh dalam kondisi fisik yang sudah tidak prima lagi.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memiliki niat sedini mungkin untuk melakukan cara menabung untuk haji umroh. Memiliki niat yang dipupuk sejak dini dapat memudahkan Anda dalam mempersiapkan tabungan haji umroh. Katakanlah Anda sudah mempersiapkannya sejak Anda berusia 20 tahun.

Di usia tersebut Anda masih memiliki kekuatan fisik yang cukup baik untuk menjalankan ibadah haji. Namun apa jadinya jika Anda memulainya di usia 40 tahun. Anda menjadi patah semangat lagi karena kondisi tubuh yang sudah termakan usia.

2. Manfaatkan Pinjaman Bank Syariah

Jangan khawatir Anda tidak bisa pergi haji. Jika Anda memiliki niat dan tekad yang kuat untuk melaksanakan ibadah haji, tentu akan ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan pinjaman bank syariah. Pinjaman ini, memang sengaja dibuat untuk calon jemaah haji agar bisa lebih cepat berangkat. Meski begitu, Anda tetap harus memiliki persiapan tabungan haji agar pinjaman Anda kecil.

3. Menabung Di Perusahaan Penyelenggara Haji

Salah satu cara menabung untuk haji yang bisa Anda lakukan adalah melalui perusahaan yang menyelenggarakan ibadah haji. Anda dapat memilih perusahaan travel mana yang akan Anda gunakan untuk pergi haji, dan mulai menabung di perusahaan tersebut. Karena banyak sekali penyedia jasa perjalanan haji yang menggunakan dana haji untuk keperluan pribadi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui track record perusahaan tersebut.

4. Menabung Dengan Jumlah Tetap

Bunga majemuk masih banyak diminati oleh sebagian orang. Mengingat dengan menabung menggunakan nominal tetap secara berkala, Anda sudah bisa menunaikan ibadah haji. Salah satu jenis penyedia jasa yang dapat melakukan praktik semacam ini adalah koperasi syariah. Anda dapat membuat kesepakatan dengan koperasi, untuk membagi hasil dari uang yang Anda simpan.

Jika Anda melakukannya, Anda bisa menghemat hingga Rp 400.000 setiap bulannya. Meski tidak terlalu banyak, nyatanya sudah banyak orang yang membuktikan dan mampu menunaikan ibadah haji.

5. Sebagai Prioritas

Cara menabung haji yang paling dapat diandalkan adalah dengan menjadikan tabungan haji sebagai prioritas. Anda dapat merencanakan pendapatan Anda dengan menjadikan haji sebagai prioritas utama yang harus dipenuhi. Padahal generasi milenial saat ini dinilai memiliki kebutuhan yang lebih dibandingkan generasi lainnya. Anda masih bisa menyiapkan tabungan haji, jika Anda menjadikannya prioritas.

6. Menabung Di Bank Untuk Haji Dan Umroh

Untuk mempersiapkan dana haji, Anda bisa menggunakan metode tabungan haji dengan menggunakan tabungan haji dan umroh. Cara yang digunakan sama seperti dengan tabungan pada umumnya. Namun yang membedakan hanyalah sebutannya saja. Kemudian seluruh alokasi dana yang Anda simpan melalui tabungan tersebut akan digunakan sebagai dana haji dan umroh.

Jenis tabungan ini lebih cocok untuk Anda pilih, karena Anda tidak perlu melakukan perencanaan sendiri. Namun Anda sudah memiliki tabungan yang khusus untuk haji dan umroh. Yang harus Anda lakukan adalah menyetor uang tunai dengan rajin dan terus menerus agar tabungan bisa segera tercapai.

Demikian ulasan artikel tentang Cara Menabung Untuk Ibadah Haji Umrah Yang Wajib Anda Ketahui, semoga bermanfaat.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id