Kenali Berbagai Keutamaan Umroh Yang Wajib Anda Ketahui

Kategori : Artikel, Ditulis pada : 04 Oktober 2022, 15:26:17

Kenali Berbagai Keutamaan Umroh Yang Wajib Anda Ketahui - Orang-orang dalam agama tertentu harus memiliki kewajiban. Sama seperti umat Islam, mereka memiliki sejumlah kewajiban yang harus dijalankan, seperti haji. Namun, pelaksanaan haji dibatasi oleh waktu, materi, dan kemauan jumlah jamaah yang dapat melakukannya pada waktu tertentu sehingga banyak umat Islam yang belum melaksanakannya.

Sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan umrah yang dianggap sebagai ibadah sunnah. Meski tergolong sunnah, namun ada sejumlah keutamaan umroh yang sangat baik bila dilakukan. Apa saja Keutamaan Umroh? Berikut penjelasannya.

Keutamaan Ibadah Umroh

1. Menghapus Dosa

Keutamaan umroh yang pertama adalah menghapus dosa. Jika seseorang telah melakukan umrah sebelumnya, kemudian melakukan umrah di tahun berikutnya, dosa-dosanya di antara dua waktu umrah akan dihapuskan.

2. Mendapatkan Ketenangan Hati

Dengan berdoa saat umroh, hati akan terasa tenang dan hidup akan lebih tentram. Keutamaan umroh ini memberikan bentuk kekayaan dalam hati, sehingga menjadi lebih sabar dan menambah keimanan bagi siapa saja yang melaksanakannya.

3. Memperoleh Pahala Sholat Berlipat Ganda

Mengumpulkan pahala dari doa itu sulit. Jika pada umumnya mengerjakan shalat hanya mendapatkan pahala 1 dan 27 derajat saat berjamaah, saat shalat umroh pahalanya berlipat ganda. Keistimewaan umroh membuat pahala shalat saat ibadah umroh bisa mendatangkan pahala 1000 kali hingga 100.000 kali lho Guys. Kebayang kan keutamaan umroh yang luar biasa yang satu ini?

4. Meningkatkan Iman Dan Taqwa

Keistimewaan umroh lainnya adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Dengan menunaikan umrah, berarti ia berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaannya untuk meningkatkan ibadah dan perilakunya.

5. Media Jihad Untuk Wanita

Sebagaimana kita ketahui, jihad adalah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan yang besar sehingga pahala yang dijanjikan adalah surga. Dahulu, jihad ditandai dengan ikut berperang membela Islam dan perempuan dilarang ikut berperang karena kelemahan fisiknya. Sehingga Allah memberikan alternatif bagi wanita untuk berjihad dengan menunaikan haji atau umrah.

6. Doa Akan Dikabulkan

Keutamaan lain dari umrah adalah doa akan terkabul. Orang yang melakukan umrah adalah tamu Allah sehingga mereka memiliki keistimewaan untuk dikabulkan semua doanya. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang memuat barang siapa yang meminta ampun dan memohon kepada Allah, pasti akan dikabulkan.

7. Memperoleh Keberkahan

Ibadah umroh dapat memberikan keberkahan bagi siapa saja yang menjalankannya. Jika umroh dilakukan dengan hati yang ikhlas dan dilakukan dengan khusyuk, maka bisa menjadi ibadah yang sah atau diterima. Ketika Umrah diterima, hidup akan diberkahi dengan berkah dan menjadi lebih baik.

8. Surga Yang Dijanjikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, umrah bisa menjadi jihad bagi kaum wanita maupun kaum lemah. Barang siapa yang menunaikan umrah dengan hati yang ikhlas dan mengikuti tata cara yang benar maka akan mendapat pahala yang besar dan mendapatkan pahala surga.

9. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Setiap manusia ingin memiliki kehidupan yang cukup dan sejahtera. Allah memberikan salah satu keistimewaan umrah dengan menjauhkan siapa saja yang menunaikan umrah dari kemiskinan atau kemiskinan. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang menyatakan bahwa barang siapa yang melakukan umrah akan menghapus kemiskinan serta dosa-dosa yang telah dilakukan.

10. Meninggal Saat Umroh, Pahalanya Akan Dicatat Sampai Hari Kiamat

Terakhir, jika seseorang meninggal dalam umrah, pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat tiba. Keutamaan umroh dapat diberikan ketika seseorang memiliki kekhidmatan dan menjalankan tata cara dan rukun umroh dengan benar. Meskipun mungkin saja rukun umroh belum tercapai semua, namun Allah telah menjanjikan pahala.

Itulah macam-macam keutamaan umroh dan penjelasannya. Jika Anda sedang menunggu waktu untuk menunaikan ibadah haji, lebih baik melakukan umrah pada periode umrah yang tidak terbatas seperti haji. Dalam melaksanakan umroh kita harus memperhatikan syarat dan tata cara umroh agar ibadah umroh kita sah atau diterima. Sebelum berangkat, segera lengkapi kebutuhan Umroh Anda disini! Mulailah pilihan yang baik untuk menjalani hari yang penuh berkah.

Demikian ulasan artikel tentang Kenali Berbagai Keutamaan Umroh Yang Wajib Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id